Hari Kesehatan Gigi Sedunia

UNAIR NEWS – Hari Kesehatan Gigi Sedunia atau World Oral Health Day (WOHD) diperingati setiap 20 Maret. Turut memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Gigi Sedunia 2018, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Airlangga menggelar aksi dalam Car Free Day di Taman Bungkul pada Minggu pagi (18/3). Para peserta aksi berkumpul dengan tujuan menyuarakan dukungan dan motivasi soal pentingnya menjaga kesehatan gigi kepada seluruh pengunjung Car Free Day hari itu.

“Kami hadir di sini untuk mengampanyekan kebiasaan menyikat gigi yang baik dan benar. Terutama agar masyarakat mampu menjaga kesehatan gigi-nya sendiri,” ungkap Ketua Aksi Firlana.

Selain peringatan Hari Kesehatan Gigi, aksi tersebut ditujukan sebagai bentuk komitmen FKG dan RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) UNAIR dalam mendukung kesehatan gigi dunia. Karena itu, dalam rangka WOHD 2018 kali ini, BEM FKG, FKG, dan RSGM UNAIR turut membagikan paket peralatan menyikat gigi secara gratis.

Paket tersebut berisi sikat gigi, gelas kumur, dan obat kumur. Melihat hal itu, pengunjung Car Free Day tampak sangat antusias. Bahkan, mereka saling berebut.

“Kami sangat bahagia melihat antusiasme masyarakat dalam event ini. Mudah-mudahan aksi yang kami lakukan ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membersihkan gigi,” tambah Larasati Ramadiani selaku orator dalam event tersebut.

Rangkaian kegiatan WOHD itu masih berlangsung hingga Selasa (20/3) di lingkungan RSGM UNAIR. Dengan konsep seminar singkat, para dokter, koas (ko-assisten), dan karyawan RSGM serta mahasiswa UNAIR sangat bersemangat mengikuti kegiatan itu. Yakni, melaksanakan upaya edukasi kepada masyarakat, pengunjung RSGM UNAIR.

Bertema pengelolaaan kesehatan gigi dan mulut, pengunjung RSGM secara saksama dan antusias memperhatikan slide demi slide. Isinya adalah paparan upaya pencegahan penyakit gigi. Pada akhir sesi, diskusi digelar dari pengunjung kepada narasumber yang merupakan dokter RSGM UNAIR.

Sementara itu, Wakil Direktur I RSGM UNAIR Dr. Soegeng Wahluyo, drg., M.Kes., Sp.KGA(K), selaku narasumber mengungkapkan kebahagiaannya atas terlaksananya kegiatan tersebut. Dia berharap kegiatan semacam itu mampu menuntun dan mengedukasi masyarakat, terutama soal kondisi gigi dan mulut mereka. Sebagai penutup acara, Dr. Soegeng turut membagikan paket alat-alat kebersihan gigi kepada pengunjung dan para pasien.

”Melalui kegiatan ini, semoga mereka (Masyarakat, Red) dapat hidup dengan lebih sehat,” tuturnya. (*)

Penulis: Annisa Fitria Sari

Editor: Feri Fenoria

Hits 210

Terpopuler