Kunjungan Smile Train Indonesia di RSGM Universitas Airlangga

Pada Hari Rabu, tanggal 27 September 2023, sebuah pertemuan penting dilangsungkan di RSGM Universitas Airlangga dan Yayasan Smile Train Indonesia. Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama mereka dalam penanganan pasien dengan Celah Bibir dan Lelangit, serta membahas berbagai aspek penting yang terkait dengan perawatan dan operasi.

Yayasan Smile Train Indonesia yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Senior Program Director, Ruth A Monalisa mendukung pembangunan Cleft Center RSGM dan FKG Universitas Airlangga. Cleft Centre ini diharapkan menjadi pusat rujukan dalam penanganan kasus Celah Bibir dan Lelangit secara komprehensif dan multidisiplin.

Hasil diskusi antara Staff Medis Medah Mulut dan Maksilofasial, Staff Medis Kedokteran Gigi Anak dan Staff Medis Orthodonsia menjelaskan bahwa perawatan pendukung termasuk pemenuhan nutrisi, perawatan pre-surgical orthodontics, dan terapi wicara, memainkan peran kunci dalam keberhasilan Perawatan Celah Bibir dan Lelangit yang paripurna. Pendekatan multidisiplin ini akan melibatkan Orthodontisia dan Kedokteran Gigi Anak dalam penanganan pasien dengan Celah Bibir dan Lelangit, sebagai contoh diperlukan nya perawatan ekspansi rahang sebelum dilakukan operasi dan pembuatan piranti bantu dot khusus (Bottle Feeding)

Smile Train Indonesia berkiblat pada pusat rujukan di Cebu Cleft Centre Filipina yang berhasil menyelenggarakan pertemuan rutin dengan melibatkan multi disiplin ilmu. Dengan mengusung tema layanan tim spesialis multidisiplin mereka mempromosikan program yang mencakup dukungan nutrisi, perawatan ortodontik, dukungan psikososial, dan terapi wicara, hingga perawatan gigi dan layanan dokter THT.

Pada diskusi kali ini para ahli juga berpendapat bahwa status gizi pasien celah bibir dan lelangit adalah faktor yang krusial. Pasien dengan kondisi kurang gizi berimbas pada penyembuhan luka tidak optimal, sehingga hal ini juga perlu mendapatkan perhatian serius khususnya di daerah terpencil di Indonesia. Pelayanan Celah Bibir dan Lelangit yang didukung oleh Smile Train Indonesia telah berhasil menangani ribuan kasus di Indonesia membuktikan bahwa layanan ini telah terbangun kontinyu dan mendapatkan apresiasi dari kalangan Medis. RSGM dan FKG Universitas Airlangga juga telah bekerjasama dengan Smile Train Indonesia sejak 15 tahun silam, dan telah rutin menyelenggarakan layanan Celah Bibir dan Lelangit di Daerah Indonesia Timur antara lain di Kupang NTT, Selong NTB dan Bima NTB.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan penanganan pasien dengan Celah Bibir dan Lelangit akan menjadi lebih efisien dan efektif, memberikan kesempatan yang lebih baik bagi pasien untuk mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan.
Hits 307

Terpopuler